Cara Mencadangkan Obrolan WhatsApp Ke ICloud

Ingin mencadangkan data obrolan WhatsApp di iPhone? Pengguna iOS memiliki layanan cloud lain untuk cadangan Android. Sementara pengguna Android mengandalkan Google Drive, aplikasi WhatsApp di iPhone mengandalkan iCloud untuk layanan cadangan.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan WhatsApp di iPhone, Anda tidak dapat mentransfer data ke Android. Dan sebaliknya.

Pasalnya, data iCloud tidak bisa terhubung dengan WhatsApp di Android. Data Google Drive juga tidak dapat ditautkan ke WhatsApp di iOS.

Namun, disarankan untuk tetap membuat cadangan agar percakapan tidak terputus. Masih tidak yakin bagaimana cara mencadangkan obrolan data WhatsApp di iPhone? Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat cadangan WhatsApp ke iCloud di iPhone.

Cadangkan obrolan WhatsApp secara manual

Untuk mencadangkan data secara manual di iPhone, Anda dapat membuat pengaturan di ponsel kapan pun Anda mau. Saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, pilih Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan > Cadangkan Sekarang.

Jika Anda menggunakan iPhone, riwayat obrolan WhatsApp tidak akan disimpan di server WhatsApp yang dipilih. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan fitur cadangan iCloud untuk mencadangkan dan memulihkan obrolan WhatsApp kapan pun Anda ingin berpindah perangkat.

Namun, perhatikan bahwa pengaturan media dan pesan yang dicadangkan ke iCloud tidak dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung WhatsApp.

Oh ya, untuk melakukan backup ini, iPhone Anda harus terhubung ke Apple ID. Dengan cara ini, akun iCloud Anda aktif dan siap digunakan. Pastikan juga kapasitas iCloud masih tersedia. Juga, ubah pengaturan cadangan ke Wi-Fi saja untuk menghemat kuota data.

Cadangkan obrolan secara otomatis

Percakapan di WhatsApp tidak hanya perlu di-backup jika ingin berpindah iPhone. Agar lebih nyaman, Anda dapat mengaktifkan pencadangan otomatis terjadwal dengan mengetuk Auto Backup.

Setelah memilih menu ini, Anda dapat memilih frekuensi pencadangan yang diinginkan, Anda dapat memilih pencadangan harian, mingguan, dan bulanan. Perintah ini akan mencadangkan obrolan dan media Anda ke akun iCloud Anda.

Anda juga dapat menentukan apakah Anda ingin menyimpan video untuk cadangan atau tidak. Proses mencadangkan data ke iCloud mungkin memakan waktu lama, tergantung pada koneksi internet Anda dan ukuran cadangan data.

Baca juga: Ini Tips Menggunakan WhatsApp Web yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah

Percakapan Email WhatsApp

Seperti yang disebutkan di awal artikel, Anda tidak dapat memindahkan percakapan dari file cadangan di iCloud ke Android. Namun, Anda masih dapat menyimpan percakapan email Anda! Jadi jika Anda perlu membaca ulang percakapan, Anda dapat meninjaunya di email Anda.

Caranya cukup sederhana, yaitu:

1. Buka obrolan individu atau grup yang ingin Anda simpan ke email.

2. Ketuk kontak atau nama grup.

3. Ketuk Ekspor obrolan.

4. Pilih untuk melampirkan media atau mengirim percakapan tanpa media.

5. Buka aplikasi Mail. Anda juga dapat mengetuk Lainnya untuk menu tambahan.

6. Masukkan alamat email dan kirimkan.

Pencadangan data memudahkan untuk berpindah perangkat

Memang, Apple banyak dipilih karena fitur-fiturnya yang tangguh, tetapi apakah Anda akan terus menggunakan gadget yang sama? Anda mungkin mengganti gadget Apple dengan yang baru. Untuk ini, Anda dapat menyimpan data pengaturan di iCloud hanya dengan ID Apple.

Sebelumnya, Anda harus membuat ID Apple terlebih dahulu. Tidak sulit, hanya dengan beberapa langkah membuat akun, Anda sudah bisa menikmati berbagai layanan nyaman dari Apple.

Jika Anda sudah memiliki ID Apple, data yang Anda simpan di perangkat Apple lama Anda dapat langsung dipulihkan saat Anda membeli yang baru.

Proses mencadangkan data ke iCloud terjadi secara otomatis setiap kali Anda mengisi daya iPhone atau iPad Anda. Namun, proses ini juga bisa dilakukan secara manual dengan membuka menu Settings, lalu pilih iCloud > Backup > Back Up Now.

Buat kamu yang berencana membeli gadget iOS baru, jangan ragu dan khawatir kehilangan data atau chat WhatsApp, semuanya bisa dibackup melalui iCloud.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Daftar Aplikasi Pemindai Dokumen Terbaik Untuk Android

Next Post

Cara Menggunakan Instagram Musik Di Indonesia

Related Posts